Good Bye. Cipika-Cipiki

via : more straight men locking lips in public, the recent research 


Kira-kira begini adegannya :  
Ada sepasang anak manusia berjenis kelamin perempuan, usia belasan, berseragam sekolah pula.  Mereka berpegangan tangan mesra sekali, asik bercanda sambil colek-colek pipi di pinggir jalan.

Apa yang terlintas di benak Anda saat itu ?

"ABG pulang sekolahan sedang nunggu angkot."

Adegan lain :
Seorang ibu muda duduk mojok sendirian di warung kopi. Setiap ada tamu yang melangkah masuk, dia melempar pandangan ke arah pintu masuk. Sebentar-sebentar dia melirik jam tangan. Dua bentar kemudian dia menotok-notok jemarinya untuk kirim sms. Habis itu, ibu muda itu mengintip ke cermin untuk memastikan bedaknya rata sempurna tak ada retakan.

Dia gelisah. Kelihatannya ada seseorang yang sedang ditunggunya. Pacarkah? Selingkuhankah? Ngak ada yang tahu. Ketika ada seorang ibu muda yang lainnya melangkah masuk, dia sontak berdiri. Setengah berlari dia menuju ke arah wanita itu. Wajahnya memerah sumringah. Ngak lupa pake cium pipi kiri - pipi kanan dulu, tentunya. Dengan mesra dia kemudian menarik tangan wanita itu untuk duduk lebih memojok di sudut tersembunyi. Mereka berbicara sambil berbisik-bisik.

Apa yang terlintas di benak Anda saat itu?

" Ibu muda pertama sedang berusaha membujuk ibu kedua agar meminjamkan uang buat membayar kartu kredit yang sudah jatuh tempo."

Adegan berikutnya :
Seorang pemuda ganteng piknik makan roti sandwich bersama seorang lelaki tua botak. Mereka duduk berhadap-hadapan. Entah apa yang sedang mereka bicarakan. Ketika si pemuda ganteng mau pamitan, tanpa segan-segan pemuda itu merengkuh lelaki tua botak itu kepelukannya dan mencium bibirnya seperti gambar di atas.

Apa yang terlintas di benak Anda?

" Pasangan HOMO....."

Photo di atas itu adalah Tom Brady, seorang bintang top pemain American football sedang bersama ayah kandungnya. Adegan tersebut tidak diphotoshop. Memang benar dia mencium leleki botak itu, beradu bibir pula. Bagaimana? Pasangan homo? Salah besar. Tak seorang pun meragukan Tom Brady in sangat non-homo tapi kenapa dia sampai berani mencium ayahnya. Bibir pula. Depan umum pula. Gejala dunia mau kiamat?

Mungkin, Eric Anderson, seorang dosen sociology di Bath University, U.K, bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan hasil research nya. Silakan baca  laporan tersebut dengan mengikuti link di atas gambar. Menurutnya gejala pria straight saling memegang tangan pria lain, memeluk atau mencium sesama lelaki lain di tempat umum sedang mengalami perubahan besar.  

Perubahan seperti apa?

Dua adegan di atas, antara dua orang perempuan belasan dan dua ibu muda, bersama adegan Tom Brady mencium ayahnya. Tidakkah secara otomasi kita mengambil kesimpulan bahwa adegan ketiga adalah pasangan homo. Sedangkan dua adegan lainnya yang terjadi antara sesama wanita itu jauh dari konotasi seksual.

Dengan kata lain, ketika sesama wanita memegang tangan, cipika-cipiki, menjadi hal umum yang bisa diterima oleh masyarakat. Apakah masyarakat siap menerima perubahan tersebut kalau hal tersebut dilakukan oleh dua orang lelaki  walaupun tak seorang pun dari mereka itu adalah homo. 

Menurut Eric Anderson, para pelajar di UK bisa menerima hal tersebut tapi tolong jangan ditiru,ya? Bisa ditangkap polisi 'etis' FPI, digelandangkan sebagai pengantin kolor. Alias ditelanjangi sambil ditontoni orang sekampung.

So???? Siap-siap bilang good bye sama cipika-cipiki. Ganti dengan  MUUACHHHH......Muachhhhhh.....I love you, friend.

1 Response to "Good Bye. Cipika-Cipiki"

Chrysogonus mengatakan...

Iya ko, di UK sini mau ciuman bibir cowok sama cowok sudah biasa. Hehehehe!!